L'cheese Factory - Toko Kue Di Pekanbaru - Sejarah Cheesecake Di Dunia - (0761) 22791

Sejarah Cheesecake Di Dunia

Haii cheeselovers!!! Apa kabar?

Nah, udh pada tau belum sejarah Cheesecake Di Dunia?

Cheesecake (Bahasa Indonesia: "kue keju") adalah kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telur, susu, dan gula. Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecake adalah keju krim, namun dapat juga digunakan keju lainnya seperti cottage cheese, ricotta, mascarpone, neufchâtel ataupun keju quark

Cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula.[1] Bagian dasar dari cheesecake dapat diisi dengan biskuit graham, kacang yang dihancurkan, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh. Walaupun disebut cake atau bolu, cheesecake bukan merupakan sejenis kue bolu melainkan dapat dikategorikan sebagai pai atau custard yaitu campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas dan menjadi kental akibat proses koagulasi protein telur.

Cheesecake dapat dipanggang ataupun tidak dipanggang. Cheesecake yang menggunakan telur umumnya dipanggang untuk mematangkan telur tersebut. Sementara itu, gelatin digunakan untuk cheesecake yang tidak dipanggang. Baik dipanggang ataupun tidak, cheesecake harus disimpan di lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan.


Yunani kuno
Cheesecake pertama kali dibuat oleh bangsa Yunani kuno. Beberapa cheesecake dari Yunani yang dikenal adalah cheesecake Apician yang dibuat oleh Apicius, Aristoxenean, dan Philoxenean. Selain itu terdapat juga cheesecake lainnya yaitu Euchylous yang mengandung buah yang dikeringkan dan Bazyma yang terbuat dari tepung, madu, buah ara kering dan kenari. Pada 776 SM, cheesecake disajikan kepada para atlet ketika ajang Olimpiade yang pertama digelar. Pada zaman itu cheesecake dibuat dengan menggunakan keju lembut dari susu kambing dan susu domba. Keju tersebut pun dicampur dengan tepung terigu, telur, dan madu kemudian dipanggang.
Romawi


Ketika bangsa Romawi menjajah Yunani maka resep dan cara pembuatan cheesecake mulai dikenal oleh bangsa tersebut. Mereka pun menamakan cheesecake dengan placenta dan beberapa ada juga yang menyebutnya libum. Libum sering dibawa oleh orang-orang Romawi ke kuil untuk diberikan sebagai persembahan kepada dewa-dewa mereka. Resep pembuatan libum pernah ditulis oleh Marcus Porcius Cato (234-149 SM) yang merupakan seorang politikus asal Roma. Dalam risalahnya yang berjudul "De Agricultura" atau "De Re Rustica", ia mencatat bahwa libum dibuat dengan menggunakan keju yang dihancurkan, tepung, dan telur. 

Kue libum tersebut dimakan ketika masih hangat dan menggunakan keju yang asin rasanya. Tekstur dari libum memiliki kesamaan dengan cheesecake panggang modern, yaitu bagian tengah yang lembut dan permukaan yang berwarna coklat keemasan. Resep cheesecake lainnya ditulis oleh Athenaeus, seorang penulis asal Yunani, pada 230 M. Disamping menggunakan bahan-bahan dasar seperti keju dan tepung, ia menambahkan madu dalam resep yang ditulisnya. 


Inggris
Pada 1000 M, bangsa Inggris mulai mengenal hidangan cheesecake dari prajurit Romawi yang menjajah mereka. Keju di Inggris dimatangkan lebih lama dibandingkan di daerah Mediterania yang cuacanya lebih hangat. Orang-orang Inggris mengatasi hal tersebut dengan merendam keju dalam air manis atau susu sebelum dihancurkan lalu disaring kemudian ditambahkan bahan-bahan lainnya dan dipanggang. Catatan seorang bangsawan wanita dari Leicester pada tahun 1265 menyebutkan mengenai penggunaan keju untuk pembuatan kue.Sementara itu, resep cheesecake tertua dari Inggris ditemukan pada abad ke-14 dalam sebuah koleksi yang berjudul "The Forme of Cury".Cheesecake juga pernah disajikan sebagai hidangan penutup pada upacara pemahkotaan Ratu Elizabeth II. Resep asli dari cheesecake tersebut pun dijual seharga ratusan pound sterling. Memasuki tahun 1500an, orang-orang Inggris menggunakan istilah cheesecake untuk menyebut kue tart yang diisi dengan campuran telur, keju dan rempah-rempah.

Sumber: http://id.wikipedia.org

Comments